Perbedaan Cincin Nikah dan Cincin Tunangan, Simak Yuk!

12 Januari 2021

 bahan cincin, cincin, Cincin Couple, cincin custom, cincin emas, cincin handmade, cincin kawin jogja, cincin lamaran, cincin nikah, cincin nikah jogja, cincin palladium, cincin perak, cincin platinum, cincin single, cincin tunangan, couple rings, do'a mendapat jodoh, emas kuning, emas putih, engagement rings, jewellery, jewelry, kadar cincin, lamaran, model cincin, new normal, nikah, palladium, perhiasan, pernikahan, persiapan pernikahan, pilih cincin, platinum, single rings, sovia bogor, Sovia Jewelry, sovia jogja, sovia madiun, sovia semarang, sovia surabaya, sovia tangerang, sovia jewelry lampung, wedding rings

Pertunangan dan pernikahan adalah sebuah komitmen yang dibuat oleh dua orang yang sudah dan akan menjalin hubungan percintaan. Ada yang sudah menjalin hubungan sejak lama, ada juga yang memang dijodohkan oleh orangtua. Biasanya sebuah komitmen disimbolkan dengan sesuatu benda atau barang, seperti yang kita lihat, pernikahan dan pertunangan biasanya disimbolkan dengan cincin.

Sudah menjadi impian setiap perempuan untuk menemukan pria idaman yang akan menyematkan cincin ke jari manisnya, ya kan Sahabat Sovia? Tetapi, meskipun sama-sama disimbolkan dengan cincin, ternyata kedua cincin tersebut memiliki perbedaan lho. Nah kali ini Sovia Jewelry akan memberikan detail nya. Yuk simak..

1. Waktu Pemberian Cincin 

Cincin tunangan biasa diberikan saat seorang pria sudah memiliki tekad yang kuat untuk menanyakan langsung apakah sang wanita bersedia menjalin hubungan serius dengannya. Cincin tunangan sebenarnya tidak wajib, hal ini tergantung kamu dan pasangan apakah ingin atau apakah mampu atau tidak. Berbeda dengan cincin pernikahan yang lebih wajib, karena cincin tersebut wajib ada saat akad nikah.

Untuk pasangan yang sedang dalam budget tertentu, dengan tidak memberikan cincin pertunangan berarti akan lebih menghemat biaya tanpa harus mengurangi makna cincin pernikahan.

2. Penggunaan Cincin 

Di Indonesia cincin tunangan prinsipnya dikenakan saat sang wanita menerima lamaran sang pria hingga nantinya mereka menikah. Setelah menikah, calon mempelai wanita bisa menyimpan atau tetap menggunakan cincin tersebut. Jadi, kamu bisa menggunakan tren stacking dengan memakai kedua cincin sekaligus atau menumpuknya dalam satu jari dengan cincin pernikahan lho Sahabat Sovia.

Prinsipnya, wanita tidak mengenakan cincin pernikahan jika belum resmi menikah. Jadi cincin pertunangan biasanya dipakai setelah kamu dilamar hingga nantinya resmi menikah dengan nya. Sahabat sovia boleh menyimpan cincin pertunangan dan mengenakan cincin pernikahan sebagai gantinya. Atau juga ada tren stacking yang artinya memakai kedua cincin sekaligus dengan cara ditumpuk.

3. Posisi Cincin 

Menurut tradisi di Indonesia, biasanya cincin tunangan dipakaikan pada jari manis tangan kiri sedangkan cincin pernikahan digunakan pada jari manis tangan kanan. Jadi, jika pasanganmu memberi cincin pertanda dia ingin lebih serius kepadamu melalui ajakan lamaran. Sebaiknya kamu gunakan di jari manis sebelah kiri ya Sahabat Sovia.

4. Status Cincin

Cincin tunangan memiliki arti bahwa ketika seorang wanita menerima lamaran kekasihnya, wanita tersebut berarti sudah terikat atau sudah berkomitmen untuk melangsungkan pernikahan dengan kekasihnya. Namun ini bukan berarti bahwa cincin tunangan adalah bukti resmi bahwa wanita itu telah menikah dan sudah SAH ya Sahabat Sovia. Kecuali jika itu adalah cincin menikah, karena cincin pernikahan merupakan arti komitmen yang SAH baik secara hukum dan juga agama. 

5. Jumlah Cincin 

Cincin tunangan pada umumnya hanya diberikan dari pihak pria ke pihak wanita, sehingga cincin tersebut tidak harus sepasang, sedangkan untuk cincin pernikahan biasanya berbentuk sepasang sebagai kepemilikan suami istri atas status menikah mereka. Untuk cincin tunangan, hanya perlu satu yang akan disempatkan pada jari manis wanita saja. Untuk kadar dan harga cincin nya kembali kepada kemampuan masing-masing saja, tidak sedikit dari pasangan yang memilih Platinum dan Palladium untuk bahan cincin nya lho Sahabat Sovia. Sedangkan cincin pernikahan, butuh sepasang yang akan disematkan oleh masing-masing mempelai wanita dan pria.



Baca juga
  »
26 Februari 2021
5 Sifat Suami dan Istri yang Bisa Membuat Pernikahan Selalu Harmonis
Ada banyak hal yang akan dilewati bersama oleh pasangan yang sudah memutuskan untuk menikah. Apalagi permasalahan yang ada pada sebuah pernikahan, hal itu memang tidak bisa dielakkan oleh setiap suami istri. Setiap dinamika rumah tangga yang terjadi harus dilalui bersama sebagai bagian dari proses kehidupan berumah tangga. Nah untuk itu baik suami maupun istri harus memiliki sifat yang positif ya sahabat sovia, agar segala prahara rumah tangga bisa diselesaikan dengan baik. Berikut ini 5 sifat yang harus dimiliki pasangan suami istri agar hubungan pernikahan tetap harmonis dan terhindar dari perceraian. Simak Yuk..

  »
20 Februari 2021
Simak Yuk! Cara Mengetahui Keaslian Cincin Emas Putih
Hallo sahabat sovia, bagaimana kabar hari ini? Semoga sehat selalu ya, jangan lupa untuk selalu pakai masker dan juga mencuci tangan ya. Ingat bahwa kita harus sehat dan terus mematuhi protokol kesehatan agar bumi ini lekas membaik. Oke, tulisan kali ini mimin dedikasikan untuk sahabat sovia yang berencana melamar pasangan nya, melangsungkan pernikahan dan juga untuk memberikan kado istimewa untuk sahabat terbaiknya. Kali ini Sovia Jewelry akan membahas tentang cara mengetahui keaslian cincin emas putih. Yuk simak cara berikut ini sebelum kamu membeli cincin emas putih.

  »
15 Februari 2021
Tips Menghemat Bujet Pernikahan
Pernikahan bukan lah akhir dari segalanya, justru pernikahan adalah langkah awal kalian untuk memulai pernikahan bersama pasangan. Jadi sahabat sovia harus ingat, ketika kalian memutuskan untuk menikah, itu berarti kalian harus siap untuk segala hal yang akan terjadi bersama dia yang akan menjadi pasanganmu. Kamu haru selalau ingat saat dimana kalian mempersiapkan pernikahan dan menunggu hari-H, betapa moment itu teramat sangat menyenangkan. Berbicara tentang persiapan pernikahan pasti identik dengan pilihan vendor, seragam bridesmaids, catering, gaun dan jas. Nah dalam hal ini yang paling penting dan wajib untuk kamu perhatikan adalah tentang bujet yang akan kalian keluarkan. Ingat sahabat sovia, pernikahan tidak selalu harus mengeluarkan dana yang besar kok. Esensi dari perayaan pernikahan itu sendiri kan merayakan hari bahagia dengan sakral. Untuk itu kali Sovia Jewelry akan memberikan tips untuk menghemat bujet pernikahanmu. Simak Yuk.. 

  »
6 Februari 2021
Yuk Simak Kekurangan dan Kelebihan Cincin Perak 92,5%
Pertama kita akan membahas tentang kelebihan Cincin Perak. Sahabat sovia tau nggak kalau Perak tu ternyata memiliki beberapa kelebihan diantaranya adalah pertama harga perak lebih terjangkau dibandingkan dengan bahan lainnya, yang kedua adalah bahan perak lebih mudah di desain khusus karena bahan perak gampang dibentuk.  Jadi jika sahabat sovia menginginkan cincin dengan model-model rumit pun bisa lho ya. Selain itu cincin dengan perak juga dapat diukir nama dengan mudah lho sahabat sovia, dan yang paling penting cincin dengan bahan perak tidak mudah teroksidasi dengan catatan sahabat bisa merawat dengan baik ya. Nah selanjutnya adalah pembahasan tentang kekurangan pada cincin dengan bahan Perak. Ada beberapa hal yang wajib kamu perhatikan sebelum kamu membeli cincin perak , nah berikut ini adalah kekurangan cincin perak yang harus kamu ketahui.

  »
30 Januari 2021
Terbatas Hanya 10 Hari, Gratis Ring Box Vintage Akrilik!
Eitttts! mimin juga memberikan kamu bonus nih :  ✔ Gratis pouch, souvenir, panduan perawatan cincin, kain pembersih cincin dan juga masker ✔ Dilengkapi sertifikat keaselian cincin & surat lengkap ✔ Garansi 1 tahun (resize, repair, buyback) ✔ Hubungi customer service untuk detail promo ya

  »
29 Januari 2021
Yuk Intip, Tips Agar Calon Suami Antusias Dalam Mempersiapkan Pernikahan!
Persiapan pernikahan menjadi salah satu hal yang cukup menguras energy dan waktu, tetapi ada hal yang harus kamu ingat juga ya sahabat sovia. Mempersiapkan pernikahan bukan hanya tugas calon pengantin wanita saja, tetapi tanggungjawab calon pengantin laki-laki juga. Mengingat saat mempersiapkan pernikahan, biasanya yang paling hectic adalah wanita nya, jadi jangan jadikan ini sebagai zona nyamanmu ya wahai kaum adam. Justru melalui hal inilah, bounding antara kamu dan pasangan akan lebih terbentuk. Nah untuk itu kali ini Sovia Jewelry akan memberikan tips agar calon suamimu antusias dalam mempersiapkan pernikahan. Simak yuk..